Minggu, 14 Maret 2010

Peraturan WARNET

Sebagai insan yang beriman dan bertakwa maka telah menjadi kewajiban bagi diri kita semua untuk mencari rezeki dengan tangan kita sendiri, dan islam yang menjadi landasan perjuangan kami mengatur hal ini sebagaiman firman Allah SWT : “…dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat , dan kami jadikan malam sebagai pakaian, dan kami jadikan siang untuk mencari penghidupan….”(Qs. An Naba’: 9-11). Rasulullah SAW pun bersabda : “Tiada seorang makan makanan yang lebih baik, kecuali hasil usahanya sendiri. Dan Nabi Allah daud AS juga makan dari hasil tangannya sendiri” (HR. Bukhari).

Struktur Pengelolaan

Jenis Usaha :
  1. Bisnis inti : Warung Internet
  2. Bisnis penunjang : scanning, printing, burning, cafe, etc....
PERATURAN WARNET
1.      Waktu dan Tempat Kerja
  1. Karyawan bekerja berdasarkan jam kerja dan job desription, tidak berdasarkan waktu tertentu dan tempat tertentu, karyawan dapat bekerja dimana saja dengan waktu kapan saja asal memenuhi target waktu 8 jam kerja perhari selama 6 hari dalam seminggu.
  1. Manager dan administrasi dapat meminta bantuan kepada karyawan, dengan syarat :
·        Karyawan mempunyai jam kosong atau jam kerja yang dapat ditunda.
                ·        Jam kerja karyawan tidak melebihi 7 jam kerja efektif.
 
  1. Pada jam kerja, karyawan harus melakukan kerja yang telah tertulis di laporan plan secara berseri. Karyawan dilarang melakukan aktifitas yang tidak berkenaan dengan pekerjaan seperti : chatting, menonton TV, browsing ke situs yang tidak berkaitan dengan pekerjaan, dan lain-lain. Karyawan diberi kebebasan untuk melaksanakan aktifitas pribadi bila jam kerja telah mencapai 7 jam akumulatif pada hari itu
  1. Jam kerja dibagi 3 shift
Shift I   = 08 – 16.00
Shift II  = 16 – 24.00
Shift III = 24 -  08.00 (Lembur kalau ada)

  1. Untuk shift III otomatis langsung piket untuk jaga warnet
Makan ditanggung (5000)

  1. Bila karyawan pada suatu hari tidak dapat mencapai jam kerja 8 jam, maka jam kerja ini dianggap sebagai hutang yang harus dibayar pada keesokan harinya.

  1. Jam kerja yang kurang tersebut harus dicarikan pengganti oleh karyawan yang berhalangan, penggantinya bisa  karyawan yang lain.!!

  1. Bila pada saat jam kerja, pekerjaan telah rampung semua, maka karyawan dapat membuat tambahan pekerjaan pada laporan plan atau karyawan segera mengerjakan pekerjaan tambahan yaitu membuat aplikasi yang dapat dijadikan sebagai produk perusahaan.

  1. Karyawan dapat memilih waktu jam kerja, misalnya untuk perbaikan server maka dapat dikerjakan pada malam hari.

  1. Karyawan diberi kebebasan untuk waktu istirahat. Karyawan dapat beristirahat pada siang hari, namun dengan syarat akumulasi jam kerja tetap 8 jam.

  1. Setiap selesai melakukan pekerjaan, maka laporan evaluasi harus segera diisi.

  1. Karyawan berhak mendapatkan gaji lembur, bila jam kerja melebihi 8 jam efektif, dan atau bila karyawan mendapatkan pekerjaan lain seperti menjadi trainer atau mengerjakan pembuatan aplikasi.
2.      Perubahan peraturan
  1. Peraturan dapat dirubah sewaktu, dengan syarat Perubahan peraturan disepakati oleh investor
  2. Peraturan diberi nomor versi agar mudah dikenali.
JOB DESCRIPTION PENGELOLA
 1.      Penanggung Jawab
Bertanggung jawab secara keseluruhan atas semua pekerjaan dan semua perkembangan yang terjadi pada warnet

2.      Manajer Operasional
  1. Membuat rencana dan laporan pekerjaan
  2. Menyiapkan uang pecahan ratusan dan ribuan untuk uang kembalian setiap pagi.
  3. Membuat rancangan pengeluaran operasional perusahaan
  4. Mengatur pembagian tugas untuk karyawan
  5. Bertanggung jawab atas kedisiplinan pekerjaan karyawan
  6. Berkoordinasi dan memberikan laporan bulanan kepada investor setiap sabtu malam bulan I
  7. Berkoordinasi dan briefing dengan karyawan minimal 1 kali seminggu untuk menampung usulan dan untuk menyampaikan informasi
  8. Bertanggung jawab terhadap kestabilan listrik dan penerangan.
  9. Menerima laporan karyawan dan merekapitulasi pendapatan perhari
  10. Mensetor uang pendapatan perhari ke Bank
  11. Mengatur penggunaan alat komunikasi (telepon)
  12. Mengisi tinta komputer dan mengecek kelayakan catridge
  13. Bertanggung jawab terhadap keamanan
  14. Mencatat buku pustaka dibuku khusus
  15. Merancang dan bertanggung jawab mengatur surat menyurat
·        Membuat dan memperbanyak formulir pendaftaran member warnet dan pendaftaran training
·        Menyiapkan kwitansi atau bukti pembayaran pendaftaran warnet dan training
·        Membuat rekapitulasi dan menyimpan arsip formulir pendaftaran.
·        Mengolah data dalam bentuk grafik berdasarkan usia, pendidikan, dan lain sebagainya untuk kepentingan analisa kebijakan warnet.
·        Membuat format baku penulisan surat
·        Merekapitulasi dan mengarispkan surat yang masuk dan keluar
·        Membuat notulensi atau catatan didalam buku khusus yang telah disediakan pada setiap rapat dan acara.
  1. Mengatur inventaris warnet
·        Membeli barang-barang kebutuhan warnet
·        Menginventaris barang-barang milik warnet
·        Memantau kelengkapan dan keberadaan barang-barang tersebut
  1. Bertanggung jawab terhadap operasional cafe.
3.      Bagian Marketing
  1. Membuat rencana dan laporan pekerjaan
  2. Mempelajari dan mengemas informasi teknis produk
·        Mempelajari teknis produk dari modul panduan teknis produk
·        Mengedit bahasa teknis produk menjadi bahasa pemasaran yang mudah dipahami
  1. Edukasi Pasar
·        Memberikan informasi kepada masyarakat yang berkaitan dengan produk yang akan dipasarkan

·        Menempel pamplet informasi tentang IT baik di dalam atau diluar gedung

·        Merencanakan dan menyelenggarakan seminar atau acara untuk mengedukasi pasar
  1. Penelitian Pasar
·          Secara rutin mengunjungi warnet untuk mempelajari produk yang ditawarkan
·          Menganalisa data member warnet dan peserta pelatihan
·          Membuat list lembaga dan membuat skala prioritas untuk promosi produk
  1. Mempromosikan produk dan jasa warnet kepada publik
·         Berkoordinasi dengan karyawan untuk Secara rutin menyebarkan brosur ketempat2 strategis
·         Berkoordinasi dengan karyawan untuk Menempel pamplet2 di semua sekolah dan kampus di batusangkar
·         Memasang spanduk minimal sebulan sekali.
·         Memasarkan produk2 dengan sistem jemput bola ke institusi yang telah diprioritaskan.
  1. Bertanggung jawab terhadap urusan sosial kemasyarakatan.
4.   Bagian Teknisi
a.       Membuat rencana dan laporan pekerjaan
·        Bertanggung jawab maintainance hardware komputer
·        Secara rutin mengecek kondisi komputer
b.      Bertanggung jawab maintainance software komputer, antara lain:
·        Secara rutin menghapus file2 yang dicurigai dapat mengundang virus, spy dan file yang berkaitan dengan pornografi
·        Secara rutin Mengupdate data member di billing
·        Secara rutin Mengupdate sistem operasi
·        Secara rutin install dan memelihara aplikasi
c.       Mengusahakan OS server yang stabil
·        Mempelajari dan membandingkan OS untuk server
d.      Mengatur jaringan LAN & Internet
·        Siap mengembangkan jaringan LAN sewaktu2.
·        Secara rutin mengecek kondisi jaringan LAN dan merapikan kabel data
·        Menghubungi pihak provider bila terjadi masalah dengan koneksi.
·        Menyiapkan alternatif koneksi internet sebagai cadangan.
e.       Mengusahakan billing yang stabil
·        Aktif mencari alternatif billing yang terbaik.
·        Secara rutin menguji coba billing server pada malam hari.
  1. Riset pengembangan produk
·        Membuat software sebagai produk yang siap di pasarkan
·        Membuat penjelasan teknis terhadap produk yang akan dan telah dibuat.
                ·        Mengerjakan software pesanan client.
Karyawan
  1. Bertanggung jawab atas dekorasi dan kenyamanan ruangan.
·        Setiap pagi menyemprot cairan pewangi
·        Setiap pagi membuka jendela untuk sirkulasi udara segar.
·        Merapikan buku pustaka, kursi, meja, monitor dan membersihkan sampah di ruang warnet.

ALUR PENDELEGASIAN PEKERJAAN :
  1. Pendaftaran member warnet baru
·        Manager Operasional membuat dan memperbanyak formulir pendaftaran dan bukti pendaftaran  lalu memberikan ke Karyawan
·        Karyawan menyimpan formulir pendaftaran dan memberikan ke calon member.
·        Formulir yang telah diisi segera diinput kedalam database billing dan database visual basic lalu formulir diserahkan kepada Manager Operasional atau meletakan ditempat khusus yang telah disepakati dengan karyawan
·        Manager Operasional membuat kartu anggota dan dipastikan selesai paling lama 2 hari setelah data diterima.
·        Kartu anggota diserahkan kekaryawan atau meletakan ditempat yang telah ditentukan / disepakati dengan karyawan
·        Managaer Operasional membuat atau mengupdate rekapitulasi data member dan membuat analisa

  1. Teknis Pelaporan rencana dan evaluasi
·        Managaer Operasional menyiapkan laporan rencana evaluasi dan memberikan kepada seluruh karyawan
·        Semua karyawan diberikan hak waktu dan tempat untuk mengisi formulir laporan.
·        Isi form laporan diantaranya total pendapatan warnet, pendapatan print, cafe,  kesalahan / logout pelanggan,
·        Waktu kerja yang diberikan kepada karyawan adalah 8 jam dan1 jam istirahat.
·        Untuk laporan karayawan diisi sampai genap 7 jam kerja akumulatif.
·        Bila akumulasi jam kerja tidak sampai 7 jam, maka karyawan diharapkan menambah beberapa pekerjaan hingga tercapai akumulasi 7 jam kerja.
·        Laporan diserahkan kepada Manager Operasional setiap hari mulai jam .13.00 – 18.00
·        Bila manajer operasional berhalangan hadir maka laporan hari itu diletakan pada tempat yang telah ditentukan sebelumnya.

  1. Kerusakan hardware
a.       Teknisi cek hardware bila divonis rusak, maka
·        Teknisi segera mengembalikan hardware ke toko bila ada garansi
·        Teknisi segera membeli hardware baru bila tidak ada / habis garansi

  1. Pembelian alat dan perlengkapan baru
·        Bagian Teknisi dan Pemasaran membuat catatan tertulis atau proposal pembelian alat atau perlengkapan, kemudian diserahkan kepada Manager Operasional
·        Manager Operasional meninjau proposal bila setuju langsung beli. Barang diserahkan kepada pengusul

  1. Pembuatan Pamplet
·        Pemasaran menulis secara rinci informasi teknis produk yang akan dipublikasikan, lalu memberikan kepada Manager Operasional
·        Manager Operasional menambahkan catatan bila diperlukan, lalu konsep ini diberikan kepada Bagian Pemasaran
·        Manager Operasional menganalisis harga produk, kemudian diberikan kepada Pemasaran
·        Pemasaran mendesain pamplet, memperbanyak dan mempublikasikan.

  1. Pendaftaran Pelatihan
·        Bagian Pemasaran memberikan laporan dalam bentuk tertulis tentang jadwal pelatihan kepada Manager Oprasional
·        Manager Oprasional menyiapkan master panduan pelatihan dan memberikan kepada Bagian Pemasaran / Instruktur Pelatihan
·        Manager Operasional memperbanyak perlengkapan pelatihan seperti buku panduan dan kartu nama peserta.
·        Manager Operasional memberikan briefing kepada seluruh karyawan mengenai Pelatihan dan membuat pengumuman untuk pelanggan di papan pengumuman
·        Manager Operasional menyiapkan materi, instruktur.
·        Instruktur Pelatihan membuat laporan tertulis mengenai hasil dan evaluasi pelatihan dan diserahkan kepada manager Operasional.

Tambahan :
1.      Bila ada permasalahan, mohon tidak diselesaikan dengan emosi dan mengkambinghitamkan orang lain, lebih baik ambil solusi berikut ini :
  • Tanyakan dengan baik-baik dengan orang yang bersangkutan, kalo bisa menawarkan bantuan.
  • Bila belum ada peraturan mengenai masalah itu, segera buat usulan peraturan tertulis dan diserahkan kepada Manager Operasional
  • Bila sudah ada peraturannya, coba cek peraturannya apakah ada peraturan yang perlu diperbaiki.
2.      Untuk membantu pekerjaan, karyawan dapat mengusulkan kepada Manager Operasional untuk menambah karyawan baru atau meminta bantuan karyawan lepas.
3.      Peraturan dianggap sah dan berlaku bila, disetujui oleh sekurang-kurangnya dua Investor. dan peraturan yang telah dibahas agar segera diberlakukan
4.      Rapat dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, tanpa harus menunggu dijadwalkan.
5.      Karyawan yang sedang bekerja pada jadwal kerja yang telah ditentukan, dapat dialihtugaskan oleh pengelola untuk mengerjakan pekerjaan lain yang ditentukan oleh pengelola.

PERATURAN JAGA

WARNET

1.      Mencatat seluruh pemasukan kedalam pembukuan
2.      Melaporkan pemasukan setiap 15 menit sebelum jam kerja berakhir
3.      Untuk terciptanya suasana spiritual maka setiap hari jum’at dan setiap magrib untuk menstel lagu-lagu Nasyid
4. Menjaga kebersihan server :
o       Tidak ada kertas selembarpun yang berserakan diatas meja
o       Kertas billing yang tidak digunakan lagi segera buang
o       Alat tulis dan disket yang tidak diperlukan segera disingkirkan dari atas meja.
o       Barang yang tidak diperlukan lagi segera di buang ke kotak sampah.
o       Barang yang tidak berkaitan dengan kebutuhan billing segera disimpan di lantai atas.

5. Perawatan printer:
o       Pastikan setiap saat ada catridge cadangan baik hitam atau warna yang telah terisi full.
o       Bila tinta di printer habis, segera ganti dengan catridge cadangan yang telah diisi tinta. Setelah catridge cadangan digunakan, segera isi catridge yang barusan habis.
o       Buang catridge yang rusak agar tidak membingungkan.
o       Bila warna pada catridge tidak normal, segera isi ulang dan bila masih tidak normal segera buang dan ganti yang baru.

6. Setiap pagi, menyiapkan uang pecahan :
o       3 lembar uang 10ribuan dan 4 lembar uang 5ribuan
o       uang ribuan sebanyak 20.000,-
o       uang pecahan 500-an sebanyak 10.000,-
o       uang pecahan 100-an sebanyak 20.000,-
bila tidak ada segera minta uang ke MIT untuk ditukar ke bank.

7. Ramah kepada pengunjung
b.      Senyum kepada setiap pengunjung
c.       Tidak ketus walaupun ada kesalahan kecil yang dilakukan penjunjung, misalnya :
o       bila pengunjung nge-print tidak bilang2 hingga ngeprint di kertas kecil, maka tidak perlu dimarahin. Tapi beri tahu aja utk print ulang kembali.
o       Bila pengujung buang sampah sembarangan, maka tidak perlu ditegur, dan jangan juga membuang sampah itu saat pengjunjung masih di tempat. bila pengujung pergi maka segera bang sampah tsb.

8. Bila ada pengunjung yang datang maka :
o       Beritahukan komputer yang kosong,
o       Bila perlu antar pengunjung tsb sampai benar2 bisa login.
o       Cek billing, pastikan nama peserta sudah masuk dan billing berjalan dari waktu   nol.
 
9. Bila ada pengunjung yang selesai maka :
o       Pastikan nota telah di print di kertas kecil, bila terlanjur ter print di kertas besar maka segera print ulang
o       Tanyakan kepada pengunjung apakah beliau member, bila iya maka segera hitung ulang dengan menggunakan excell.
o       Tanyakan kepada pengjunjung ada nge-print atau tidak.
o       Abaikan nilai ganjil yang tertera pada kertas atau pada hasil perhitungan, misalnya tertera Rp 4.233 maka tagihlah sebesar Rp 4.200,-
o       Bila ternyata uang kembalian kurang, segera minta bantuan siapapun untuk menukar uang dan penjaga warnet harus segera kembali ke meja billing.
o       Segera setelah pengunjung pulang, dan tidak ada kerjaan mendesak lain segera :
o       Cek tempat penjunjung yang barusan pulang, apakah ada barang yang tertinggal atau ada disket yang belum dikeluarkan dari CPU.
o       Rapikan kembali meja, pmonitor, key board, mouse, kursi, sekat, dan buang apabila ada sampah.

10. Pengaturan Listrik :
o       Komputer dihidupkan semua pada jam 09.00
o       Pukul 19.00 komputer yang tidak terpakai segera dimatikan
o       Pukul 21:00 semua stabilizer yang tidak digunakan dimatikan
o       Pukul 22.00 bila tidak ada yang bekerja diruangan, maka semua lampu dimatikan. Bila ada yang bekerja maka hanya lampu ruang tamu dimatikan.
                                                      
11. Harga print:
o       Full color  Full Paper                   Rp 5.000,-
o       Banyak gambar teks sedikit         Rp 4.000,-
o       Banyak teks, gambar sedikit        Rp 3.000,-
o       Teks only Color                           Rp 1.000,-
o       Ada gambar warna kecil Rp 1.000,-
o       Print biasa tanpa warna                Rp    500
o       Print yang salah walau kesalahan pelanggan tidak usah dihitung.
o       Print yang berlebih dan tidak sengaja  tidak usah dihitung.

KANTIN MINI

1.      Menjaga kebersihan dan kenyamanan kantin
2.      Menyusun barang jualan semenarik mungkin
3.      Menjual sesuai dengan harga yang tertera dan mencatat seluruh transaksi kedalam buku pelaporan.
4.      Menyimpan dan merapikan kembali ketempat semula

PENDAFTARAN TRAINING

4.       Menyiapkan brosur, pamplet dan formulir pendaftaran training dimeja pendaftaran
5.       Menjelaskan kepada calon peserta info tentang training (materi training, biaya training, dan hari training)
6.       Jika calon peserta bersedia, berikan formulir pendaftaran dan catat kedalam pembukuan (biaya dan rekapan pendaftaran).


masukan lainya disini

0 komentar: