Senin, 12 Juli 2010

Final : Spanyol berhasil mengawinkan Piala dunia dan Euro setelah menumbangkan Belanda 1 -0

Berlokasi di Stadion Soccer City, Johannesburg pada hari Senin (12/07) dini hari tepatnya pukul 01.30 WIB kedua tim ini akan saling berjibaku untuk menjadi yang terbaik dan menuntaskan impian mereka menggondol gelar perdananya di Afsel.

Dengan dipimpin langsung oleh wasit asal Inggris, Howard Webb baik Belanda maupun Spanyol akan memulai pertarungannya yang akan menguras banyak energi dan emosi pada dini hari ini.

Jalannya pertandingan di menit ke 0 - 45 :

Wasit langsung meniupkan peluitnya tanda babak pertama sudah resmi dimainkan. 'La Furia Roja' yang tampil tanpa Fernando Torres karena dibangku cadangkan harus bersiap diri untuk bermain all out dalam membongkar barisan belakang Belanda yang cukup rapat.

Bola dimulai dari kaki pemain Belanda, Robin Van Persie yang kemudian aliran bola terus berpindah dari satu kaki ke kaki pemain lainnya.

Permainan yang dimulai dalam tempo sedang ini tampak jelas terlihat bagaimana baik Spanyol dan Belanda masih mencoba mencari-cari kelemahan di masing-masing tim.

Akan tetapi secara mengejutkan di menit-menit awal pertandingan Spanyol mulai menebarkan ancaman cukup serius melalui kerjasama yang apik dari operan terobosan Pedro yang diarahkan langsung kepada Villa yang mencoba membola bola untuk menusuk jantung pertahanan Belanda di menit ke-2 tetapi wasit menyatakan offside.

Dimulai dari itu permainan tampaknya mulai panas dimana Spanyol beroleh peluang emas untuk mencetak gol setelah Xavi melepaskan umpan lambungnya yang akurat dengan tertuju kepada Ramos yang tepat berada di depan mulut gawang lawan.

Tepat di menit ke-5 bola tersebut langsung disundul oleh Sergio Ramos dan sayang sekali bola yang meluncur deras tersebut masih bisa dibendung oleh Stekelenburg sambil melakukan akrobatik dengan melompat.

Masih juga gagal merobek gawang lawan membuat Spanyol mulai meningkatkan tempo permainannya sementara Belanda hanya sesekali memberanikan menerobos masuk ke lini belakang Spanyol namun masih dapat dimentahkan oleh Casillas.

Menuju pertengahan babak pertama Spanyol mulai mendominasi jalannya pertarungan dan lebih mengungguli Belanda dalam hal penguasaan bola serta lini tengah kedua tim.

Sial bagi tim Oranje menyusul Robin Van Persie yang harus menelan pil pahit usai dihadiahi kartu kuning oleh wasit setelah melakukan pelanggaran.

Tak berapa lama kemudian hanya berselang satu menit dari Persie kini giliran Carles Puyol yang harus menjadi korban ketegasan sang pengadil lapangan usai tertangkap melakukan pelanggaran kepada Robben dan terpaksa menerima kartu kuning tepat di menit ke-16.

Di menit ke-18 gantian Belanda yang mendapatkan momen emas untuk mengungguli Spanyol setelah Sneijder bertugas sebagai eksekutor tendangan bebas. Bola tembakan Sneijder yang keras dari luar kotak penalti masih mampu ditangkap dengan baik oleh Casillas.

Namun pertandingan kali ini lagi-lagi dikotori dengan beberapa kartu kuning lagi setelah masing-masing kubu para pemainnya mendapatkan jatah hukuman yang sama dari Howard Webb.

Tepat di menit ke-22 dan 23 Bommel di pihak Belanda sementara Ramos dari pihak Spanyol beroleh kartu kuning dari wasit.

Selanjutnya Belanda mulai mencoba mengembangkan permainannya dan hasilnya Sneijder berhasil melewati barisan belakang Spanyol sebelum melepaskan tembakannya yang keras dan bola masih mampu ditangkap dengan sempurna oleh kiper terbaik Spanyol, Casillas.

Empat menit berselang lagi-lagi Webb tak segan untuk memberikan kartu kuningnya kepada pemain Belanda yang kali ini Nigel De Jong tak berdaya menerima hukuman dari sang wasit tepat di menit ke-28.

Saling ngotot dalam menampilkan pernainan menyerangnya kembali Pedro mulai aktif memberanikan dirinya untuk melesakkan tendangan dari luar kotak penalti yang sayangnya bola masih melebar di samping kanan Stekelenburg.

Jelang bubaran turun minum baik Belanda dan Spanyol masih terus berjuang keras untuk melakukan serangan secara gencar dengan mencoba membongkar barisan belakang lawannya masing-masing.

Tepat di menit ke-45 Robben langsung menembak bola dari luar kotak penalti dengan kaki kirinya namun Casillas dengan sigap berhasil menepis bola sambil terjatuh.

Sampai masa tambahan waktu dua menit di babak pertama tidak ada gol yang tercipta dan wasit meniupkan peluitnya tanda babak pertama selesai dengan kedua tim masih berimbang dengan skor kacamata 0-0.

Jalannya pertandingan di menit 46 - 90 (ekstra time tiga menit) :

Howard Webb membuka kembali pertandingan di babak kedua dengan meniupkan peluitnya dan kedua tim langsung tancap gas dengan bermain lebih cepat dibandingkan dengan partai di babak pertama.

Baru berjalan dua menit Spanyol nyaris saja membuka terjadinya gol tepat di menit ke-47 setelah Xavi melepaskan tendangan bebasnya yang mengarah ke depan mulut gawang Belanda. Puyol yang kala itu melihat bola meluncur ke arahnya langsung melompat tinggi dan menyundul bola tersebut.

Bola yang memantul dari kepala Puyol sebenarnya dapat diselesaikan dengan baik dan membuahkan gol perdana sebelum Pedro terlambat bereaksi untuk menyontek bola tersebut dan akhirnya bola tak tertahankan malah melebar ke samping lapangan.

Tak terima diancam, Belanda berbalik menyerang dan melalui Arjen Robben sebuah peluang tercipta di menit ke-52 sebelum Casillan mampu melakukan penyelematan gemilang dan menggagalkan gol Belanda.

Banjir kartu kuning kembali terulang di awal pertandingan babak kedua. Kini giliran dua pemain Belanda yaitu sang kapten Giovanni Van Bronckhosrt dan John Heitinga yang menerima kartu kuning tepat di menit ke-54 dan 57.

Di menit ke-60 Del Bosque menarik Pedro keluar lapangan dan menggantikannya dengan Jesus Navas yang tampak jelas bahwa Spanyol ingin menambah tajam lini depannya dengan rotasi pemain seperti ini.

Dan tanpa banyak basa-basi Belanda akhirnya mampu memiliki momentum yang sangat berharga untuk memecahkan kebuntuan untuk mencetak gol ke gawang Spanyol.

Tepat di menit ke-61, Sneijder yang sedang berada di lapangan tengah langsung dengan cepat melepaskan umpan terobosan yang panjang dan terarah tepat menuju Robben yang terus berlari menerobos masuk benteng pertahanan Spanyol yang sudah tak ada lagi bek yang menjaga lini belakang.

Bola di kaki Robben dan tinggal berhadapan dengan Casillas namun sayang seribu sayang sontekan bola Robben masih dapat dihempaskan kaki Casillas dan bola memantul keluar lapangan sehingga pupus sudah harapan Belanda untuk merobek gawang lawannya.

Enam menit kemudian tanpa ampun Webb harus menghukum lagi pemain di lapangan yang kali ini gantian pemain belakang Spanyol, Capdevilla yang dikenai kartu kuning tepat di menit ke-67.

Berselang dua menit kemudian Spanyol hampir saja berpesta usai tendangan pojok Xavi yang sempat mengenai kaki pemain Belanda, Heitinga dan Villa yang tepat berada di depan Stekelenburg langsung menendang bola liar tersebut namun sayang sekali bola masih dapat diblok dengan kaki kiper Belanda tersebut.

Menit terus berjalan dan Spanyol mampu menciptakan peluang lagi di menit ke-77 setelah secara mengejutkan Ramos langsung menyeruak masuk dengan sambil melompat dan menyundul bola tapi tetap masih bisa dihalau oleh Stekelenburg.

Tepat di menit ke-83 hampir sama dengan kejadian di babak pertama dimana kali ini Robben menerima operan matang dari Iniesta yang langsung saja berlari cepat dengan dibayang-bayangi oleh pemain belakang Spanyol dan dengan spontanitas serta reflek yang cepat Casillas sukses menyelamatkan gawangnya dari amukan ganas Robben.

Tampak jelas guratan wajah kecewa dari Robben yang sempat melakukan protes merasa saat itu pemain Spanyol melakukan pelanggaran pada dirinya. Sial bagi Robben protesnya tak digubris oleh Webb bahkan dirinya malah dihadiahi kartu kuning oleh wasit Inggris tersebut di menit ke-84.

Sampai di menit ke-90 dan mengakhiri laga dengan tiga menit waktu tambahan maka tidak ada lagi kans yang tercipta yang membahayakan gawang masing-masing tim.

Hingga akhirnya Howard Webb meniupkan peluitnya dan tanda babak kedua harus diakhiri dengan kedua tim tetap bermain imbang dengan skor 0-0.

Dengan hasil ini maka baik Belanda maupun Spanyol harus menjalani babak ekstra time untuk menentukan pemenang diantara kedua tim ini.

Ekstra Time (2 x 15 menit) :

Ekstra Time I

Sengitnya persaingan untuk memperebutkan gelar juara Piala Dunia 2010 harus dilakukan dengan kedua tim finalis melakoni babak perpanjangan waktu untuk menentukan tim mana yang berhak keluar sebagai juaranya.

Memasuki menit awal ekstra time yang baru berjalan lima menit Cesc Fabregas mampu menebarkan ancaman yang sangat berbahaya dengan nyaris saja membobol gawang Belanda sebelum bola masih dapat diblok oleh Stekelenburg.

Tak berhenti sampai di situ Jesus Navas kembali menghidupkan peluang Spanyol untuk mencetak gol setelah di menit ke-101 tendangannya yang berasa dari rusuk kiri gawang lawan nyaris menjebol gawang Stekelenburg sebelum bola sempat mengenai kaki pemain Belanda yang mengakibatkan bola jadi out.

Sampai waktu menyentuh di menit ke-105 maka baik Belanda dan Spanyol tak lagi mampu menjebol gawang lawannya masing-masing dan skor masih berimbang 0-0 dan akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu kedua atau 15 menit berikutnya.

Ekstra Time II

Laga alot antara Belanda dan Spanyol harus dilanjutkan dengan menjalani babak perpanjangan waktu yang kedua. Dan memasuki pertandingan krusial di 15 menit berikutnya kedua tim mulai melambatkan tempo permaianannya dan lebih banyak bermain terlalu hati-hati.

Amat disayangkan bagi tim Oranje sebab John Heitinga terpaksa dikeluarkan dari lapangan usai menerima kartu merah dari sang pengadil lapangan tepat di menit ke-109 atau empat menit pertandingan baru berjalan.

Belum usai sampai di situ Belanda yang mulai bermain dengan 10 pemain kini giliran Van Der Wiel yang kembali harus menerima kartu kuning.

Dan akhirnya di menit ke-116 adalah Andres Iniesta sukses mendobrak benteng pertahanan Belanda dengan mencetak gol penting tanpa mampu dibendung oleh Stekelenburg dan skorpun berubah menjadi 1-0 atas keunggulan Spanyol.

Sampai di menit ke-120 Belanda tak lagi mampu membalasnya dan skor masih tetap sama 1-0 buat kemenangan Spanyol untuk menjadi juara Piala Dunia 2010 sekaligus gelar juara yang pertama kalinya di pentas akbar empat tahunan ini.

Atas hasil ini maka Spanyol menjadi tim sempurna karena telah melengkapi gelar juara Piala Eropa 2008 dan juara Piala Dunia 2010 secara berurutan.

Felicidad Espana!.

Susunan pemain di kedua tim :

Belanda: 1-Maarten Stekelenburg; 2-Gregory van der Wiel, 3-John Heitinga, 4-Joris Mathijsen, 5-Giovanni van Bronckhorst; 7-Dirk Kuyt, 6-Mark van Bommel, 10-Wesley Sneijder, 8-Nigel de Jong, 11-Arjen Robben; 9-Robin van Persie.

Spanyol: 1-Iker Casillas; 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 5-Carles Puyol, 11-Joan Capdevila; 14-Xabi Alonso, 8-Xavi, 6-Andres Iniesta, 16-Sergio Busquets; 18-Pedro, 7-David Villa.

0 komentar: