Minggu, 11 Juli 2010

WORDLCUP : JERMAN berhasil menjadi Juara 3 setelah menang dari URUGUAY

Pertandingan Uruguay versus Jerman kali ini mengingatkan kita kembali sekitar 30 tahun lalu, saat Piala Dunia 1970 di Mexico, saat itu bertanding Uruguay versus Jerman Barat dengan kedudukan 1-0 untuk Jerman Barat. Namun kali ini di tahun 2010, rasanya Uruguay tidak akan memberikan kesempatan mudah bagi Jerman mengungguli mereka.
Juara ketiga dunia tentu bukan prestasi biasa. Itulah yang Uruguay akan kejar.
Saat peluit babak pertama ditiup oleh wasit, maka kedua kesebelasan bermain cepat bahkan tim Jerman bermain cenderung keras, sehingga baru 5 menit pertandingan pemainnya Aogo terkena kartu kuning. Dua menit kemudian Cacau yang terkena kartu kuning.
Menit ke 7, tendangan bebas Forlan hampir saja menciptakan gol, namun melebar.
Manit ke 10 tendangan Friedrich membentur gawang yang disambut tendangan Muller namun kembali mengena pemain Uruguay, Caceres.
Tekanan ke gawang Uruguay terus berlanjut . Pemain Jerman, Ozil tidak ketinggalan menciptakan peluang, di menit ke 13 tendangannya diblok Muslera. Giliran Schweinsteiger menciptakan peluang di menit ke 19, namun masih gagal.
Namun tekanan Jerman tidak sia-sia. Tendangan keras jarak jauh Schweinsteiger di menit ke 19 diblok oleh penjaga gawang Uruguay, namun bola memantul ke depan dan langsung disambut Muller dengan sontekan keras menjebol gawang Muslera. 1-0 untuk Jerman. Gol ke lima bagi Muller menyamai David Villa dari Spanyol.
Jerman kembali menyerang, menit ke 22 serangan Jerman gagal dimanfaatkan Khedira.
Menit ke 25 giliran Uruguay menyerang melalui Forlan, namun tendangannya diblok Butt.
Akhirnya Uruguay berhasil menyamakan? kedudukan di menit ke 28. Bermula dari umpan Perez ke Suarez yang diteruskan kepada Cavani, yang melalui sontekannya jebollah gawang Jerman yang dikawal Butt, 1-1.
Serangan kembali silih berganti antara kedua tim, namun peluang demi peluang belum berhasil menciptakan gol.
Menit ke 41 Suarez menyia-ntiakan peluang gol, sudah berhadapan dengan Jansen, namun tendangannya melebar ke kanan gawang Jansen.
Menit ke 45 umpan Schweinsteiger gagal dimanfaatkan Friedrich yang harusnya tinggal menguasai bola sebentar baru kemudian melepaskan tembakan. Namun kali ini Friedrich langsung menendang namun luput tendangannya.
Susunan Pemain

Uruguay: 1-Fernando Muslera; 2-Diego Lugano, 3-Diego Godin, 4-Jorge Fucile, 16-Maximiliano Pereira, 15-Diego Perez, 17-Egidio Arevalo, 7-Edinson Cavani, 22-Martin Caceres, 9-Luis Suarez, 10-Diego Forlan.

Jerman: 22-Hans-Joerg Butt; 2-Marcell Jansen, 3-Arne Friedrich, 17-Per Mertesacker, 20-Jerome Boateng, 13-Thomas Mueller, 4-Dennis Aogo, 6-Sami Khedira, 7-Bastian Schweinsteiger, 19-Cacau, 8-Mesut Ozil.

Memasuki babak kedua, kembali kedua tim silih berganti menyerang. Ambisi untuk menjadi juara ketiga dunia semakin menggebu-gebu bagi kedua tim. Terbukti dari serangan demi serangan yang dilakukan, akibatnya terlihat barisan pertahanan kedua tim agak longgar, sehingga memudahkan tim lawan masuk ke jantung pertahanan.
Namun justru kali ini serangan Uruguay membuahkan hasil. Melalui umpan Arevalo Rios, Forlan menyelesaikan dengan baik melalui tendangan volinya menembus gawang Butt, 2-1 buat Uruguay.
Semangat Jerman tidak menjadi patah. Jerman kembali terus menyerang dan hasilnya tidak sia-sia. Di menit ke 56 melalui serangan cepat, bola diumpan ke depan gawang Uruguay yang disambut dengan tandukan Jansen yang menembus gawang Uruguay, Jerman menyamakan kedudukan 2-2.
Kedudukan imbang semakin memacu kedua tim merebut kemenangan. Pertahanan kedua tim mulai semakin longgar, karena kedua tim terus menyerang untuk menghasilkan gol.
Uruguay juga menekan terus pertahanan Jerman. Menit ke 60 tendangan Suarez berhasil diblok Butt. Menit ke 65 giliran Forlan yang menyerang namun gagal kembali. Demikian juga menit ke 68, tendangan Suarez ke gawang Jerman masih gagal.
Setelah itu giliran Jerman yang banyak menyerang Uruguay. Serangan Jerman selalu gagal di jantung pertahanan Uruguay, sehingga menimbulkan banyak sepak pojok bagi Jerman.
Menit ke 74, tendangan Schwensteiger berlum berhasil menciptakan gol. Demikian juga Kiebling masih gagal memanfaatkan peluang di depan gawang Uruguay.
Akhirnya di menit ke 82, melalui sepak pojok yang diambil Ozil yang diangkat ke mulut gawang Uruguay, kemelut di depan gawang diselesaikan melalui tandukan Khedira, menjebol gawang Muslera. 3-2 untuk Jerman.
Permainan semakin menarik, karena kedua tim sama-sama menyerang. Namun kelihatannya strategi Joacim Loew untuk memasukkan pemain pengganti, cukup efektif sehingga menambah kekuatan dan pertahanan Jerman. Sementara barisan pertahanan Uruguay mulai menurun staminanya.
Bahkan di masa injury time, Uruguay tidak menyerah. Tendangan bebas yang diambil oleh Forlan hampir menciptakan gol jika tidak mengenai tiang gawang.
Akhirnya peluit pertandingan dibunyikan, kedudukan 3-2 untuk Jerman.
Selamat untuk Jerman menduduki posisi ketiga Piala Dunia 2010 !
Susunan Pemain

Uruguay: 1-Fernando Muslera; 2-Diego Lugano, 3-Diego Godin, 4-Jorge Fucile, 16-Maximiliano Pereira, 15-Diego Perez (5-Walter Gargano 76'), 17-Egidio Arevalo, 7-Edinson Cavani, 22-Martin Caceres, 9-Luis Suarez, 10-Diego Forlan.

Jerman: 22-Hans-Joerg Butt; 2-Marcell Jansen (18-Toni Kroos 81'), 3-Arne Friedrich, 17-Per Mertesacker, 20-Jerome Boateng, 13-Thomas Mueller, 4-Dennis Aogo, 6-Sami Khedira, 7-Bastian Schweinsteiger, 19-Cacau (9-Stefan Kiessling 73'), 8-Mesut Ozil.

0 komentar: