Kamis, 06 Desember 2012

Cara Isi Pulsa Listrik Prabayar Online

Cara isi pulsa listrik | Saya baru saja pindah rumah beberapa minggu yang lalu. Rumah kontrakan sih, maklum statusnya emang “kontraktor” (tukang kontrak  rumah), hehe. Kebetulan rumahnya baru, dan kami sekeluarga adalah orang pertama yang menempati rumah tersebut. Karena rumahnya masih baru, tentu saja listriknya menggunakan sistem yang baru juga, yaitu menggunakan listrik dengan sistem pembayaran menggunakan pulsa.
Memang, akhir-akhir ini penggunaan listrik pulsa telah menjadi trend. Dengar-dengar sih karena lebih murah dan cara pembayarannya lebih praktis, tanpa harus antri di loket pembayaran listrik. Ketika kilowatt listrik kita sudah hampir habis, kita bisa mengisi daya listrik atau pulsa listrik kapan saja dan di mana saja.
Tetapi, karena ini baru pertama kalinya saya sekeluarga menggunakan pulsa listrik, awalnya saya pun bingung bagaimana cara mengisi pulsa listrik ini? cara isi pulsa listrik ini apakah sama dengan cara kita mengisi pulsa atau tidak? Jika tidak, di mana saya bisa membelinya. Soalnya, kemarin waktu serah terima rumah itu, si pemilik cuma ngasih kartu langganan listriknya saja. Pas tak tanya, bagaimana cara mengisi pulsa listriknya, dia cuma bilang, “Kasih saja kartu langganan ini ke penjual pulsa, dia pasti dah tahu.” Nah, masih bikin bingung kan?
Karena bingung tidak tahu cara isi pulsa listrik, saya pun coba bertanya ke Mbah Google, ternyata si Mbah masih cekatan sekalipun sudah renta. Dia langsung memberikan sederet jawaban. Tetapi sayang, dari semua jawaban si Mbah itu, tak satu pun yang pas (menurutku), hehe
Tapi ada satu yang pasti dari jawaban si Mbah itu bahwa pembelian pulsa listrik bisa dilakukan melalui internet, terutama internet banking. Saya pun jadi penasaran, benar gak sih bisa dengan cara itu?
Nah, karena kebetulan saya mempunyai internet banking mandiri, saya pun mencobanya. Awalnya memang masih bingung, tombol apa dan menu apa yang harus saya pencet dan kolom apa yang harus saya isi. Setelah coba terus mencoba, ternyata berhasil juga. Dan, tahu gak, ternyata cara mengisi pulsa listrik dari internet banking mandiri itu sangat…sangat…sangat mudah!!!
Nah, dalam artikel ini, saya ingin menunjukkan ke teman-teman semua cara isi pulsa listrik menggunakan internet banking mandiri.
1.   Silakan teman-teman login/masuk ke akun internet banking mandiri teman-teman.
2.   Pilih menu Pembayaran kemudian pilih Listrik & Gas. Kemudian, isi kolom sesuai dengan yang diminta. Sebagai contoh, lihat gambar berikut.
cara-isi-pulsa-listrik
Keterangan gambar:
  1. 1. Pilih Listrik & Gas
  2. 2. Pilih Norek Mandiri Teman-teman
  3. 3. Pilih 30300 PLN PRABAYAR
  4. 4. Masukkan No Langganan yang terdapat di Kartu Langganan Listrik Pulsa teman-teman.
  5. 5. Masukkan jumlah yang diinginkan. Biasanya, bilangannya antara 20000, 50000, 100000, 500000, 1000000.
  6. 6. Ini pilihan saja. Boleh diisi boleh juga dikosongin saja.
  7. 7. Cek terlebih dahulu, apakah sudah benar. Jika benar, selanjutnya klik tombol LANJUTKAN.
3.   Muncul gambar seperti di bawah ini. Selanjutnya, beri centang pada kotak yang diberi lingkaran warna hijau. Lihat kolom tagihan, jika sudah muncul, klik tombol LANJUTKAN sekali lagi.
pulsa-listrik-online
5.   Selanjutnya sama dengan jika teman-teman melakukan pembayaran atau pembelian melalui internet banking mandiri. Ambil token teman-teman, masukkan Challenge Code ke token, kemudian masukkan hasilnya ke kolom di bawahnya. Jika benar, maka pembelian pulsa listrik BERHASIL. Lihat gambar!
cara-mengisi-pulsa-listrik-prabayar
6.   Seperti terlihat pada gambar, Catat No Token yang diberikan PLN (seperti terlihat di gambar di atas). Cocokkan kembali no token yang Anda catat, sebab jika salah, pulsa Anda tidak bisa dimasukkan ke listrik.
7.   Sekarang pergi ke Meteran listrik pulsa Anda, masukkan langsung No Token tadi, kemudian tekan tombol warna merah.
8.   Jika muncul tulisan BENAR, maka Anda berhasil. Dan, kilowatt listrik Anda pasti bertambah sesuai dengan jumlah pembelian Anda.

Okay Bro/Sis, itu saja cara mengisi pulsa listrik Prabayar Anda. Sangat mudah, praktis, dan  tidak perlu ikut antrian; cukup di rumah saja.

Jika artikel cara isi pulsa listrik prabayar ini bermanfaat, bagikan artikel ini agar teman-teman atau keluarga Anda juga mengetahuinya. Terima kasih.

thanks : my sohib

0 komentar: