Sebagai insan yang beriman dan bertakwa maka  telah menjadi kewajiban bagi diri kita semua untuk mencari rezeki dengan  tangan kita sendiri, dan islam yang menjadi landasan perjuangan kami  mengatur hal ini sebagaiman firman Allah SWT : “…dan Kami jadikan  tidurmu untuk istirahat , dan kami jadikan malam sebagai pakaian, dan  kami jadikan siang untuk mencari penghidupan….”(Qs. An Naba’: 9-11).  Rasulullah SAW pun bersabda : “Tiada seorang makan makanan yang  lebih baik, kecuali hasil usahanya sendiri. Dan Nabi Allah daud AS juga  makan dari hasil tangannya sendiri” (HR. Bukhari).
Struktur  Pengelolaan
Jenis Usaha :
- Bisnis inti      : Warung Internet
- Bisnis       penunjang : scanning, printing, burning, cafe, etc....
PERATURAN WARNET
1.      Waktu dan Tempat Kerja
- Karyawan       bekerja berdasarkan jam kerja dan job desription, tidak berdasarkan  waktu      tertentu dan tempat tertentu, karyawan dapat bekerja dimana  saja dengan      waktu kapan saja asal memenuhi target waktu 8 jam kerja  perhari selama 6      hari dalam seminggu.
- Manager      dan administrasi dapat  meminta bantuan kepada karyawan, dengan syarat : 
·        Karyawan mempunyai jam kosong atau  jam kerja yang dapat ditunda.
                ·        Jam kerja karyawan tidak  melebihi 7 jam kerja efektif.
  
- Pada jam       kerja, karyawan harus melakukan kerja yang telah tertulis di laporan  plan      secara berseri. Karyawan dilarang melakukan aktifitas yang  tidak berkenaan      dengan pekerjaan seperti : chatting, menonton TV,  browsing ke situs yang      tidak berkaitan dengan pekerjaan, dan  lain-lain. Karyawan diberi kebebasan      untuk melaksanakan aktifitas  pribadi bila jam kerja telah mencapai 7 jam      akumulatif pada hari  itu
- Jam      kerja  dibagi 3 shift
Shift  I   = 08 – 16.00
Shift II  = 16 – 24.00
Shift III = 24 -  08.00 (Lembur kalau ada)
- Untuk      shift III otomatis langsung piket untuk  jaga warnet 
Makan  ditanggung (5000)
- Bila      karyawan  pada suatu hari tidak dapat mencapai jam kerja 8 jam, maka jam       kerja ini dianggap sebagai hutang yang harus dibayar pada keesokan       harinya. 
- Jam      kerja  yang kurang tersebut harus dicarikan pengganti oleh karyawan yang       berhalangan, penggantinya bisa  karyawan      yang  lain.!!
- Bila      pada  saat jam kerja, pekerjaan telah rampung semua, maka karyawan dapat       membuat tambahan pekerjaan pada laporan plan atau karyawan segera       mengerjakan pekerjaan tambahan yaitu membuat aplikasi yang dapat  dijadikan      sebagai produk perusahaan.
- Karyawan       dapat memilih waktu jam kerja, misalnya untuk perbaikan server maka  dapat      dikerjakan pada malam hari.
- Karyawan       diberi kebebasan untuk waktu istirahat. Karyawan dapat beristirahat pada       siang hari, namun dengan syarat akumulasi jam kerja tetap 8 jam.
- Setiap      selesai melakukan pekerjaan, maka  laporan evaluasi harus segera diisi.
- Karyawan       berhak mendapatkan gaji lembur, bila jam kerja melebihi 8 jam efektif,  dan      atau bila karyawan mendapatkan pekerjaan lain seperti menjadi  trainer atau      mengerjakan pembuatan aplikasi.
2.      Perubahan peraturan
- Peraturan       dapat dirubah sewaktu, dengan syarat Perubahan peraturan disepakati oleh       investor
- Peraturan       diberi nomor versi agar mudah dikenali.
JOB DESCRIPTION PENGELOLA
Bertanggung jawab secara keseluruhan atas semua pekerjaan dan  semua perkembangan yang terjadi pada warnet
2.      Manajer Operasional 
- Membuat rencana       dan laporan pekerjaan
- Menyiapkan       uang pecahan ratusan dan ribuan untuk uang kembalian setiap pagi.
- Membuat       rancangan pengeluaran operasional perusahaan
- Mengatur       pembagian tugas untuk karyawan
- Bertanggung       jawab atas kedisiplinan pekerjaan karyawan
- Berkoordinasi       dan memberikan laporan bulanan kepada investor setiap sabtu malam  bulan I
- Berkoordinasi      dan briefing  dengan karyawan minimal 1 kali seminggu untuk menampung      usulan dan  untuk menyampaikan informasi
- Bertanggung       jawab terhadap kestabilan listrik dan penerangan.
- Menerima       laporan karyawan dan merekapitulasi pendapatan perhari 
- Mensetor       uang pendapatan perhari ke Bank 
- Mengatur       penggunaan alat komunikasi (telepon)
- Mengisi       tinta komputer dan mengecek kelayakan catridge
- Bertanggung       jawab terhadap keamanan
- Mencatat       buku pustaka dibuku khusus
- Merancang  dan bertanggung jawab mengatur      surat menyurat 
·        Membuat dan memperbanyak formulir  pendaftaran member warnet dan pendaftaran training
·        Menyiapkan kwitansi atau bukti  pembayaran pendaftaran warnet dan training
·        Membuat rekapitulasi dan menyimpan  arsip formulir pendaftaran.
·        Mengolah data dalam bentuk grafik  berdasarkan usia, pendidikan, dan lain sebagainya untuk kepentingan  analisa kebijakan warnet.
·        Membuat format baku penulisan surat
·        Merekapitulasi dan mengarispkan  surat yang masuk dan keluar 
·        Membuat notulensi atau catatan  didalam buku khusus yang telah disediakan pada setiap rapat dan acara.
- Mengatur  inventaris warnet
·        Membeli barang-barang kebutuhan  warnet
·        Menginventaris barang-barang milik  warnet
·        Memantau kelengkapan dan keberadaan  barang-barang tersebut
- Bertanggung jawab  terhadap operasional cafe.
3.      Bagian Marketing 
- Membuat       rencana dan laporan pekerjaan
- Mempelajari       dan mengemas informasi teknis produk
·        Mempelajari teknis produk dari modul  panduan teknis produk 
·        Mengedit bahasa teknis produk  menjadi bahasa pemasaran yang mudah dipahami
- Edukasi      Pasar
·        Memberikan informasi kepada  masyarakat yang berkaitan dengan produk yang akan dipasarkan
·        Menempel pamplet  informasi tentang IT baik di dalam atau diluar gedung
·        Merencanakan dan menyelenggarakan  seminar atau acara untuk mengedukasi pasar
- Penelitian       Pasar
·          Secara rutin mengunjungi warnet  untuk mempelajari produk yang ditawarkan
·          Menganalisa data member warnet dan  peserta pelatihan
·          Membuat list lembaga dan membuat  skala prioritas untuk promosi produk
- Mempromosikan       produk dan jasa warnet kepada publik
·         Berkoordinasi dengan karyawan untuk  Secara rutin menyebarkan brosur ketempat2 strategis 
·         Berkoordinasi dengan karyawan untuk  Menempel pamplet2 di semua sekolah dan kampus di batusangkar
·         Memasang spanduk minimal sebulan  sekali.
·         Memasarkan produk2 dengan sistem  jemput bola ke institusi yang telah diprioritaskan.
- Bertanggung       jawab terhadap urusan sosial kemasyarakatan.
4.   Bagian Teknisi 
a.       Membuat rencana dan laporan pekerjaan
·        Bertanggung jawab maintainance  hardware komputer
·        Secara rutin mengecek kondisi  komputer
b.      Bertanggung jawab maintainance  software komputer, antara lain:
·        Secara rutin menghapus file2 yang  dicurigai dapat mengundang virus, spy dan file yang berkaitan dengan  pornografi
·        Secara rutin Mengupdate data member  di billing
·        Secara rutin Mengupdate sistem  operasi
·        Secara rutin install dan memelihara  aplikasi
c.       Mengusahakan OS server yang stabil 
·        Mempelajari dan membandingkan OS  untuk server
d.      Mengatur jaringan LAN & Internet
·        Siap mengembangkan jaringan LAN  sewaktu2.
·        Secara rutin mengecek kondisi  jaringan LAN dan merapikan kabel data
·        Menghubungi pihak provider bila  terjadi masalah dengan koneksi.
·        Menyiapkan alternatif koneksi  internet sebagai cadangan.
e.       Mengusahakan billing yang stabil
·        Aktif mencari alternatif billing  yang terbaik.
·        Secara rutin menguji coba billing  server pada malam hari.
- Riset pengembangan produk
·        Membuat software sebagai produk yang  siap di pasarkan
·        Membuat penjelasan teknis terhadap  produk yang akan dan telah dibuat.
                ·        Mengerjakan software pesanan client.
Karyawan 
- Bertanggung jawab atas dekorasi dan       kenyamanan ruangan.
·        Setiap pagi menyemprot cairan  pewangi
·        Setiap pagi membuka jendela untuk  sirkulasi udara segar.
·        Merapikan buku pustaka, kursi, meja,  monitor dan membersihkan sampah di ruang warnet.
ALUR PENDELEGASIAN PEKERJAAN :
- Pendaftaran member warnet baru
·        Manager Operasional membuat dan  memperbanyak formulir pendaftaran dan bukti pendaftaran  lalu  memberikan ke Karyawan 
·        Karyawan menyimpan formulir  pendaftaran dan memberikan ke calon member.
·        Formulir yang telah diisi segera  diinput kedalam database billing dan database visual basic lalu formulir  diserahkan kepada Manager Operasional atau meletakan ditempat khusus  yang telah disepakati dengan karyawan
·        Manager Operasional membuat kartu  anggota dan dipastikan selesai paling lama 2 hari setelah data diterima.
·        Kartu anggota diserahkan kekaryawan  atau meletakan ditempat yang telah ditentukan / disepakati dengan  karyawan
·        Managaer Operasional membuat atau  mengupdate rekapitulasi data member dan membuat analisa
- Teknis Pelaporan rencana dan  evaluasi
·        Managaer Operasional menyiapkan  laporan rencana evaluasi dan memberikan kepada seluruh karyawan
·        Semua karyawan diberikan hak waktu  dan tempat untuk mengisi formulir laporan.
·        Isi form laporan diantaranya total  pendapatan warnet, pendapatan print, cafe,  kesalahan  / logout pelanggan, 
·        Waktu kerja yang diberikan kepada  karyawan adalah 8 jam dan1 jam istirahat. 
·        Untuk laporan karayawan diisi sampai  genap 7 jam kerja akumulatif.
·        Bila akumulasi jam kerja tidak  sampai 7 jam, maka karyawan diharapkan menambah beberapa pekerjaan  hingga tercapai akumulasi 7 jam kerja.
·        Laporan diserahkan kepada Manager  Operasional setiap hari mulai jam .13.00 – 18.00 
·        Bila manajer operasional berhalangan  hadir maka laporan hari itu diletakan pada tempat yang telah ditentukan  sebelumnya. 
- Kerusakan hardware
a.       Teknisi cek hardware bila divonis  rusak, maka 
·        Teknisi segera mengembalikan  hardware ke toko bila ada garansi
·        Teknisi segera membeli hardware baru  bila tidak ada / habis garansi 
- Pembelian alat dan perlengkapan  baru
·        Bagian Teknisi dan Pemasaran membuat  catatan tertulis atau proposal pembelian alat atau perlengkapan,  kemudian diserahkan kepada Manager Operasional
·        Manager Operasional meninjau  proposal bila setuju langsung beli. Barang diserahkan kepada pengusul
- Pembuatan Pamplet
·        Pemasaran menulis secara rinci  informasi teknis produk yang akan dipublikasikan, lalu memberikan kepada  Manager Operasional
·        Manager Operasional menambahkan  catatan bila diperlukan, lalu konsep ini diberikan kepada Bagian  Pemasaran
·        Manager Operasional menganalisis  harga produk, kemudian diberikan kepada Pemasaran
·        Pemasaran mendesain pamplet,  memperbanyak dan mempublikasikan.
- Pendaftaran Pelatihan
·        Bagian Pemasaran memberikan laporan  dalam bentuk tertulis tentang jadwal pelatihan kepada Manager Oprasional
·        Manager Oprasional menyiapkan master  panduan pelatihan dan memberikan kepada Bagian Pemasaran / Instruktur  Pelatihan
·        Manager Operasional memperbanyak  perlengkapan pelatihan seperti buku panduan dan kartu nama peserta.
·        Manager Operasional memberikan  briefing kepada seluruh karyawan mengenai Pelatihan dan membuat  pengumuman untuk pelanggan di papan pengumuman 
·        Manager Operasional menyiapkan  materi, instruktur.
·        Instruktur Pelatihan membuat laporan  tertulis mengenai hasil dan evaluasi pelatihan dan diserahkan kepada  manager Operasional.
Tambahan :
- Tanyakan dengan baik-baik dengan      orang yang  bersangkutan, kalo bisa menawarkan bantuan.
- Bila belum ada  peraturan mengenai      masalah itu, segera buat usulan peraturan  tertulis dan diserahkan kepada Manager      Operasional
- Bila sudah ada  peraturannya, coba cek      peraturannya apakah ada peraturan yang perlu  diperbaiki.
2.      Untuk membantu pekerjaan, karyawan  dapat mengusulkan kepada Manager Operasional untuk menambah karyawan  baru atau meminta bantuan karyawan lepas.
3.      Peraturan dianggap sah dan berlaku  bila, disetujui oleh sekurang-kurangnya dua Investor. dan peraturan yang  telah dibahas agar segera diberlakukan
4.      Rapat dapat dilakukan  dimana saja dan kapan saja, tanpa harus menunggu dijadwalkan.   
5.      Karyawan yang sedang bekerja pada  jadwal kerja yang telah ditentukan, dapat dialihtugaskan oleh pengelola  untuk mengerjakan pekerjaan lain yang ditentukan oleh pengelola.
PERATURAN JAGA 
WARNET
1.      Mencatat seluruh pemasukan kedalam  pembukuan
2.      Melaporkan pemasukan setiap 15 menit  sebelum jam kerja berakhir
3.      Untuk terciptanya suasana spiritual  maka setiap hari jum’at dan setiap magrib untuk menstel lagu-lagu Nasyid
4. Menjaga kebersihan server :
o       Tidak ada kertas selembarpun yang  berserakan diatas meja
o       Kertas billing yang tidak digunakan  lagi segera buang
o       Alat tulis dan disket yang tidak  diperlukan segera disingkirkan dari atas meja.
o       Barang yang tidak diperlukan lagi  segera di buang ke kotak sampah.
o       Barang yang tidak berkaitan dengan  kebutuhan billing segera disimpan di lantai atas.
5.  Perawatan printer:
o       Pastikan setiap saat ada catridge  cadangan baik hitam atau warna yang telah terisi full.
o       Bila tinta di printer habis, segera  ganti dengan catridge cadangan yang telah diisi tinta. Setelah catridge  cadangan digunakan, segera isi catridge yang barusan habis.
o       Buang catridge yang rusak agar tidak  membingungkan.
o       Bila warna pada catridge tidak  normal, segera isi ulang dan bila masih tidak normal segera buang dan  ganti yang baru.
6. Setiap pagi, menyiapkan uang pecahan :
o       3 lembar uang 10ribuan dan 4 lembar  uang 5ribuan
o       uang ribuan sebanyak 20.000,-
o       uang pecahan 500-an sebanyak  10.000,-
o       uang pecahan 100-an sebanyak  20.000,-
bila tidak ada  segera minta uang ke MIT untuk ditukar ke bank.
7. Ramah kepada pengunjung
b.      Senyum kepada setiap pengunjung
c.       Tidak ketus walaupun ada kesalahan  kecil yang dilakukan penjunjung, misalnya :
o       bila pengunjung nge-print tidak  bilang2 hingga ngeprint di kertas kecil, maka tidak perlu dimarahin.  Tapi beri tahu aja utk print ulang kembali.
o       Bila pengujung buang sampah  sembarangan, maka tidak perlu ditegur, dan jangan juga membuang sampah  itu saat pengjunjung masih di tempat. bila pengujung pergi maka segera  bang sampah tsb.
8.  Bila ada pengunjung yang datang maka :
o       Beritahukan komputer yang kosong,
o       Bila perlu antar pengunjung tsb  sampai benar2 bisa login.
o       Cek billing, pastikan nama  peserta sudah masuk dan billing berjalan dari waktu   nol.
  
9. Bila ada pengunjung yang selesai maka :
o       Pastikan nota telah di print di  kertas kecil, bila terlanjur ter print di kertas besar maka segera print  ulang
o       Tanyakan kepada pengunjung apakah  beliau member, bila iya maka segera hitung ulang dengan menggunakan  excell.
o       Tanyakan kepada pengjunjung ada  nge-print atau tidak.
o       Abaikan nilai ganjil yang tertera  pada kertas atau pada hasil perhitungan, misalnya tertera Rp 4.233 maka  tagihlah sebesar Rp 4.200,-
o       Bila ternyata uang kembalian kurang,  segera minta bantuan siapapun untuk menukar uang dan penjaga warnet  harus segera kembali ke meja billing. 
o       Segera setelah pengunjung pulang,  dan tidak ada kerjaan mendesak lain segera :
o       Cek tempat penjunjung yang barusan  pulang, apakah ada barang yang tertinggal atau ada disket yang belum  dikeluarkan dari CPU.
o       Rapikan kembali meja, pmonitor, key  board, mouse, kursi, sekat, dan buang apabila ada sampah.
10. Pengaturan Listrik :
o       Komputer dihidupkan semua pada jam  09.00
o       Pukul 19.00 komputer yang tidak  terpakai segera dimatikan
o       Pukul 21:00 semua stabilizer yang  tidak digunakan dimatikan
o       Pukul 22.00 bila tidak ada yang  bekerja diruangan, maka semua lampu dimatikan. Bila ada yang bekerja  maka hanya lampu ruang tamu dimatikan.
11. Harga print:
o       Full color  Full  Paper                   Rp 5.000,-
o       Banyak gambar teks sedikit         Rp 4.000,-
o       Banyak teks, gambar sedikit        Rp 3.000,-
o       Teks only Color                            Rp 1.000,-
o       Ada gambar warna kecil  Rp 1.000,-
o       Print biasa tanpa warna                Rp    500
o       Print yang salah walau kesalahan  pelanggan tidak usah dihitung.
o       Print yang berlebih dan tidak  sengaja  tidak usah dihitung.
KANTIN MINI
1.      Menjaga kebersihan dan kenyamanan  kantin
2.      Menyusun barang jualan semenarik  mungkin
3.      Menjual sesuai dengan harga yang  tertera dan mencatat seluruh transaksi kedalam buku pelaporan.
4.      Menyimpan dan merapikan kembali  ketempat semula
PENDAFTARAN TRAINING
4.       Menyiapkan brosur, pamplet dan  formulir pendaftaran training dimeja pendaftaran
5.       Menjelaskan kepada calon peserta info  tentang training (materi training, biaya training, dan hari training)
6.       Jika calon peserta bersedia, berikan  formulir pendaftaran dan catat kedalam pembukuan (biaya dan rekapan  pendaftaran).
masukan lainya disini 
 
 
0 komentar:
Posting Komentar