Kamis, 21 Januari 2010

MLM

Multi Level Marketing adalah sebuah bentuk marketing dimana anggota MLM memiliki peran ganda, sebagai konsumen dan periklanan. Anggota didorong untuk mencari anggota-anggota lain untuk membeli produk dari perusahaan yang menerapkan sistim MLM. Menurut Ensiklopedia terbuka Wikipedia, MLM adalah sistem penjualan yang memanfaatkan konsumen sebagai tenaga penyalur secara langsung. Harga barang yang ditawarkan di tingkat konsumen adalah harga produksi ditambah komisi yang menjadi hak konsumen karena secara tidak langsung telah membantu kelancaran distribusi.

Secara umum MLM adalah metode bisnis alternatif yang dilakukan dengan mencari banyak anggota sebanyak-banyaknya.Secara terperinci MLM dilakukan dengan cara berikut:

  1. Pertama-tama perusahaan menjaring member, kemudian mewajibkan calon anggota-anggotanya membeli paket produk perusahaan itu.
  2. Keanggotaan diperoleh dengan membeli suatu produk dengan persyaratan nominal harga tertentu
  3. Setelah menjadi member, tugas mereka mencari member-member baru seperti langkah-langkah 1 dan 2 diatas.
  4. Jika seorang member mampu menjaring anggota yang banyak, maka ia dapat bonus dari perusahaan, selain itu ia juga dapat merasakan kenaikan pangkat dengan cepat nantinya.
  5. Sistem strata pada MLM selalu estafet berurut dari paling tinggi sampai sampai member baru, member yang memiliki pangkat yang lebih tinggi selalu lebih diuntungkan.


Kesimpulan, memang ada sedikit perbedaan pada sistem setiap perusahaan MLM, namun semuanya berinti pada mencari anggota lainnya, semakin banyak anggota semakin banyak bonus yang diperolehnya.

0 komentar: